Please run chkdsk utility?

Beberapa hari ini laptop tiba-tiba sering blue screen dan restart sendiri. Seorang teman sempat numpang nge-print dan flashdisknya ternyata bervirus, tidak bermaksud su’uzon🙂. Suka khawatir kalo ada teman yang nyolokin flashdisknya ke laptop. Tapi mo gak boleh gak enak juga, serba salah mang kalo kayak gini. Jadi buat sobat yang mo nyolok-nyolok flashnya ke laptop/komputer teman pastikan flashnya steril ya, jadi sama-sama enak. Kalo memungkinkan mending data dikirim email saja, kayaknya lebih aman.

Dan hari ini waktu ngidupin laptop ada pesan “…………………. Please run chkdsk utility?”. Chkdsk?hhhmmm dah lama dak ketemu command kayak gini, musti searching dulu dah lupa soalnya heee…..

Chkdsk (Check Disk) adalah salah satu tool bawaan dari sistem operasi Microsoft Windows yang berfungsi untuk menjaga PC Anda tetap “sehat” dengan cara memeriksa struktur fisik harddisk anda untuk memastikan bahwa harddisk berfungsi secara optimal. Dapet info dari sini nih. Chkdsk membuat dan menampilkan status dari harddisk dalam file system. Chkdsk juga mendata dan memperbaiki kesalahan/error pada harddisk. Jika digunakan tanpa parameter hanya akan ditampilkan status harddisk yang sedang aktif.

Sintaks : chkdsk [parameter]

Ada beberapa parameter dalam menggunakan command chkdsk, tapi dalam hal saya hanya menggunakan dua parameter.

  •  volume : drive yang akan dicek
  • /f : yang berfungsi untuk melakukan pengecekan secara menyeluruh dan mencoba untuk memperbaiki kesalahan yang ditemukan
  • /r : mencari bad sector dan mencoba untuk menyelamatkan informasi yang masih bisa dibaca dari bad sector tersebut. Ketika menggunakan parameter /r maka otomatis parameter /f  juga dijalankan.

Untuk parameter-parameter yang lain silahkan cek langsung ke web Microsoft.  

Chkdsk melalui Command Prompt/Console

Buka command prompt : Start – Run – Ketik cmd – OK. Pada command prompt ketik chkdsk diikuti parameternya, dalam hal ini digunakan parameter /f.
Gambar diatas menunjuknan bahwa drive c sedang digunakan maka chkdsk tidak dapat dilakukan. Kemudian jika pertanyaan yang ada di jawab no/n maka chkdsk akan dibatalkan. Jika pilihan yes/y, chkdsk akan dijalankan setelah restart atau ketika menghidupkan komputer kembali. Gini ni prosesnya, familiar kan? ini bisa juga terjadi ketika komputer dimatikan dengan tidak sesuai prosedur:

 Kalau drive yang akan dicek tidak sedang digunakan maka drive bersangkutan akan langsung dicek, seperti drive d berikut ini

Chkdsk menggunakan Windows Explorer

Klik kanan pada drive yang akan dicek melalui Windows Explorer. Pilih Properties – klik tab Tool – Check Now

Pilihan opsi pertama sama dengan menggunakan parameter /f, sedangkan opsi kedua sama dengan menggunakan parameter /r.

Mudah-mudahan laptop blue screen and restart tidak akan terjadi lagi. Kalau ada sobat yang mengalami hal seperti saya silahkan dicoba.

Salam, semoga bermanfaat.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: